MONITORING PEMBANGUNAN DESA

Agenda rutin Inspektorat Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan yang di ketuai oleh IRBAN Wilayah 5 Pencegahan dan Investigasi Edial Ali Sonata.SE , dalam hal Pengawasan dan Pembinaan Pelaksanaan Pembangunan di setiap Desa, yang kali ini dilaksanakan di area / wilayah dalam  Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah ( BPRRT ).

Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa adalah usaha, tindakan, dan kegiatan yang ditujukan untuk memastikan Pengelolaan Keuangan Desa berjalan secara transparan, akuntabel, tertib dan disiplin anggaran, serta partisipatif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Keuangan Desa dalam Permendagri 73 tahun 2020 tentang Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa adalah semua hak dan kewajiban Desa yang dapat dinilai dengan uang serta segala sesuatu berupa uang dan barang yang berhubungan dengan pelaksanaan hak dan kewajiban Desa. Pengelolaan Keuangan Desa adalah keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban Keuangan Desa.

Peraturan Menteri Dalam Negeri ini mengatur mengenai pengawasan oleh APIP; pengawasan oleh camat; pengawasan oleh Badan Permusyawaratan Desa; pengawasan oleh masyarakat Desa; sistem informasi pengawasan; dan pendanaannya.