Rakor TKDD Akhir Tahun Anggaran 2022

Rapat Koordinasi Penyaluran Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) akhir tahu anggaran 2022 bertempat Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, hadir langsung dari Inspektorat Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan H. Ramin Hamidi.SE,.MH,.CGAA turut hadir juga Kepala Bappeda, Kepala BPKAD, dan Kepala PMD.

Pemerintah mengarahkan anggaran Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) pada tahun 2022 sejalan dengan prinsip desentralisasi yang berjalan baik dan percepatan pembangunan yang berbasis pemerataan. Dengan demikian, TKDD dapat mendukung pemulihan ekonomi daerah, menjaga kesehatan, memberikan perlindungan sosial, dan mendorong pemanfaatan Dana Desa untuk program prioritas desa.

Pemerintah sependapat untuk terus memperkuat kualitas desentralisasi fiskal melalui kebijakan TKDD tahun 2022 yang diarahkan untuk pemulihan ekonomi dan peningkatan kualitas pelaksanaan, terutama di dalam meningkatkan kinerja pemerintah daerah,”

Sehubungan dengan ditetapkannya Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2020 tentang APBN Tahun Anggaran 2021, terdapat beberapa perubahan kebijakan Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD). Untuk itu, diperlukan sosialisasi kebijakan pengalokasian dan penyaluran dana TKDD tahun anggaran 2021 serta pengelolaan pinjaman daerah dalam rangka mendukung pembangunan dan pemulihan ekonomi di daerah

Semua proses pengalokasian TKDD setiap Provinsi/Kabupaten/Kota telah sesuai dengan kebijakan pengalokasian dan telah melalui tahapan sebagaimana ketentuan perundang-undangan. Oleh karena itu, apabila terdapat pihak/oknum yang mengatasnamakan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) yang menjanjikan sesuatu mengenai alokasi TKDD suatu daerah, kiranya dapat dipahami bersama bahwa itu tidak benar. Setiap pegawai DJPK telah berkomitmen untuk tidak menerima gratifikasi terkait pelaksanaan tugas dan fungsi DJPK.